Selasa, 16 Oktober 2012

Daftar handphone Android layar besar paling canggih keluaran 2012

Phablet (phone tablet), sesua namanya, merupakan gabungan antara smartphone dnegan tablet lantaran ukuran layarnya yang tidak wajar jika dibandingkan dnegan ponsel kebanyakan. Phablet memiliki ukuran layar paling tidak 5 inci dan di bawah 7 inci karena ukuran layar itu termasuk tablet.

Saat ini sudah banyak bermunculan macam-macam phablet dengan kemampuan khasnya masing-masing, semua itu berawal dari Galaxy Note yang diciptakan oleh Samsung tahun lalu yang kini menjelma menjadi spesies baru di dunia gadget dan mobile phone.

Seperti yang SIGAPTEK.com kutip dari Detikinet, adapun ponsel Android berlayar besar keluaran 2012 sebagai berikut:


hp android layar diatas 5 inci, apa itu phablet?, smartphone android layar lebar, ponsel android tangguh
1. Panasonic Eluga Power
Panasonic Eluga Power P-07D, demikian nama lengkap handset yang satu ini. Layarnya seluas 5 inch sehingga sudah layak dikategorikan sebagai phablet.

Salah satu kelebihannya, bodi handset ini diklaim tahan air dan tahan terhadap terjangan debu. Dan spesifikasinya pun tidak mengecewakan.

Eluga Power ditenagai prosesor 1.5 GHz Qualcomm Snapdragon S4, memori internal 8GB, RAM 1GB, baterai 1800 mAh, kamera 8 megapixel dan kamera depan 1,5 megapixel.

Smartphone ini sementara baru tersedia di Jepang saja. Namun tidak menutup kemungkinan nanti dipasarkan pula di negara-negara lainnya.


hp android layar diatas 5 inci, apa itu phablet?, smartphone android layar lebar, ponsel android tangguh2. LG Optimus Vu II
Optimus Vu II yang adalah suksesor Optimus Vu generasi pertama, dipasarkan pertama kali di Korea Selatan. Apa saja yang ditawarkannya?

Ia masih memakai sistem operasi Android Ice Cream Sandwich, yang kemungkinan bisa diupgrade ke Jelly Bean. Seperti pendahulunya, Optimus Vu II memiliki bentang layar 5 inch resolusi 1024 x 768 pixel.

Spesifikasinya lumayan berkelas. Optimus Vu menyandang prosesor 1,5 GHz dual core Snapdragon MSM8960, RAM 2GB, baterai 2.150 mAh, NFC dan kamera 8 megapixel.

Sama seperti Galaxy Note, Optimus Vu juga dibekali stylus dengan beragam fungsi. Namanya adalah Rubberdium Pen 2.0.

Di Korea Selatan, Vu II dibanderol cukup mahal, mencapai USD 866. Belum ada informasi apakah smartphone jumbo ini akan dipasarkan secara global.

hp android layar diatas 5 inci, apa itu phablet?, smartphone android layar lebar, ponsel android tangguh3. Pantech Vega R3
Pantech adalah salah satu merek yang cukup terkenal asal Korea Selatan. Dengan layar mencapai luas 5,3 inch, jelas ia masuk dalam kategori ponsel super jumbo.

Jeroannya pun terbilang garang. Vega R3 sudah dibekali prosesor quad core 1,5 GHz dan RAM 2GB. Boleh jadi, Pantech R3 adalah phablet dengan spesifikasi terkuat saat ini.

Spesifikasi lain di handset ini pun masuk kelas atas. Seperti kamera 13 megapixel, layar definisi tinggi, NFC dan sistem operasi Android Ice Cream Sandwich.

Phablet yang satu ini baru berdar di Korea Selatan. Namun kabarnya akan segera menyambangi beberapa pasar di luar negeri, seperti di Amerika Serikat.

hp android layar diatas 5 inci, apa itu phablet?, smartphone android layar lebar, ponsel android tangguh4. Lenovo LePhone K860
Lenovo tidak mau kalah terjun ke pasar phablet. Belum lama ini, sang vendor asal China merilis Lenovo LePhone K860 dengan bentang layar 5 inch.

Ia memakai prosesor quad core Samsung Exynos yang menjanjikan performa gahar. Spesifikasi kunci lainnya seperti kamera 8 megapixel, RAM 1GB dan baterai berkekuatan 2250 mAh.

Salah satu yang diandalkan dari phablet ini adalah dalam soal kecemerlangan layar. Resolusinya mencapai 1280 x 720 pixel.

Untuk saat ini, si phablet baru beredar di pasar China. Belum ada informasi apakah dia akan keluar kandang dan menyambangi pasar internasional.

hp android layar diatas 5 inci, apa itu phablet?, smartphone android layar lebar, ponsel android tangguh5. Samsung Galaxy Note II
Wujud fisik Galaxy Note II sebelas dua belas dengan Galaxy S III alias tampak mirip. Namun dengan layar 5,5 inch, Galaxy Note II berukuran jauh lebih besar. Bahkan lebih besar dari Galaxy Note generasi pertama yang seluas 5,3 inch.

Samsung mengklaim Galaxy Note II adalah smartphone paling powerful saat ini. Memang dengan prosesor quad core 1,6 GHz, RAM 2GB dan baterai berkekuatan 3.100 mAh, sulit ditemukan padanan ponsel 'monster' ini di pasaran.

Note II juga sudah memakai sistem operasi Android terbaru, yakni Jelly Bean. Beberapa fitur baru ditambahkan di sektor software, salah satu yang menarik dijuluki sebagai Air View di S Pen.

Fitur Air View memungkinkan pengguna melakukan preview berbagai menu dengan stylus S Pen tanpa perlu menyentuh layar. Misalnya ingin mengetahui isi pesan tanpa membuka, cukup arahkan S Pen ke pesan tersebut. Maka preview isinya akan terlihat.

Galaxy Note II rencananya mulai dipasarkan pada bulan Oktober, pertama kali di Eropa. Kemudian menyambangi berbagai belahan dunia.

1 komentar: