Jumat, 22 Maret 2013

Cegah Tersesat Dijalan Dengan Aplikasi Maps Android

android maps
Adalah kebiasaan lama jika kita akan mencari suatu tempat kemudian kita tidak menemukannya maka kemudian kita akan bertanya pada seseorang. Itu cara kuno, kini jamannya android, cukup dengan aplikasi Maps Android maka anda tidak perlu sering bertanya ketika di jalan.Cukup bertanya ke smartphone anda dan dengan beberapa klik sudah akan muncul peta jalanan yang menghindarkan anda dari ketersesatan.

Sudah ada dua aplikasi yang bermanfaat sebagai penunjuk jalan Smartphone atau tablet Android, yaitu: Maps dan Navigation. Dua aplikasi ini sebenarnya sama saja menggunakan aplikasi map milik Google. Anda dapat menggunakan salah satu aplikasi tersebut. Aplikasi ini gratis tidak dipungut biaya kecuali biaya pulsa internet.

Sebelum menggunakan aplikasi ini pastikan data seluler dan GPS diaktifkan.

Applikas Maps dan Navigation.
Aplikasi ini bermanfaat untuk:
1. Menemukan alamat tertentu,
2. Mengetahui rute, jarak, dan waktu tempuh,
3. Memandu menuju alamat tersebut.
Penggunaan aplikasi ini sangat mudah. Klik pada ikon Maps atau Navigation. Di bagian bawah peta terdapat menu Directions. Klik icon Directions ini.

Menu Directions di bagian bawah peta.

Misalkan anda ingin berlibur di hari minggu ke  pantai Parangtritis Jogja bersama keluarga. Ketik alamat tujuan di kolom End point: Parangtritis. Jika ada kekerapan alamat yang mirip Google akan memberikan diri beberapa alamat yang tersedia. Pilih salah satu alamat yang tepat. Jika alamat tidak tersedia anda juga bisa menandai alamat yang dituju di atas peta. Tunjuk dan tahan alamat tujuan di atas peta sehingga muncul balon menu alamat tersebut. KIik pada balon menu tersebut.  Kemudian klik menu Directions. Ada 3 pilihan menuju tempat tersebut, yaitu: menggunakan mobil, angkutan umum, atau jalan kaki. Pilih salah satunya. Selanjutnja klik menu Get Direction. Google map akan menujukkan jalan menuju tempat tersebut. Kini anda tinggal mengikuti petunjuk jalan itu. Klik menu mata angin yang ada di pojok kanan atas untuk membuat tampilan prespektif sesuai posisi handphone kan arah mata angin.

Jika anda mengendarai kendaraan anda sendiri anda dapat menaruh gadget android anda pada Car Holder. Jika anda menggunakan motor anda bisa membuat holder sendiri. Penempatan gadget android pada holder ini memudahkan pembacaan peta sambil mengendarai kendaraan anda.

Aplikasi gratis dari google ini bermanfaat namun demikian masih ada 3 kelemahan, antara lain:

1.Respon GPS lambat. Mungkin hal ini dipengaruhi oleh kualitas koneksi internet di lndonesia yang memang cukup lambat. Jika kita mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi sering kali posisi aktual berada di depan posisi yang ditujukan pada peta.

2. Boros baterai. Kini permasalahan umum pada gadget saat ini yang sangat rakus listrik ketika selalu terkoneksi dengan internet. Gadget  mesti di-charge full atau selalu terhubung dengan listrik atan power bank untuk menghindari "low -bat".

3. Kadang-kadang tidak selalu menunjukkan alternatif rute terdekat.

Jadi gunakan aplikasi ini ketika and berada di tempat yang tidak anda kenal. Jadi malu bertanya Android Maps jawabanya.

sumber.teknologi.kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar