Minggu, 07 April 2013

Aplikasi Ponsel Untuk Mencari Masjid Terdekat

aplikasi mencari masjid-masjid dimana

Indonesia yang mayoritas muslim tentu saja memerlukan aplikasi yang khusus membantu orang islam dalam beribadah. Salah satu yang paling urgent bagi umat islam adalah sholat. Nah, bagi pembaca yang bepergian baik itu ke luar negeri ataupun luar kota tentu pernah kebingungan mencari keberadaan masjid untuk melaksanakan ibadah shalat. Hal ini sering terjadi jika kita berada di area yang masih asing dengan kita.

Menyadari hal ini sebuah pengembang aplikasi lokal, Yafilabs menciptakan aplikasi ”Masjid Dimana” untuk pengguna Windows Phone. Aplikasi ini diharapkan menjadi solusi masalah diatas. Sesuai dengan namanya, aplikasi “Masjid Dimana” bertujuan untuk mencari masjid terdekat yang berada di sekitar pengguna dan menuntunnya dengan menggunakan fitur penunjukan arah di peta dari posisi mereka saat ini ke masjid yang dituju agar pengguna tidak tersesat. Selain itu juga aplikasi ini memiliki fitur tambahan yaitu  menampilkan kata-kata bijak yang diperbaharui tiap harinya pada menu “wisdom”.

Dengan tampilan interface yang sederhana pada aplikasi ini, membuat pengguna akan mudah dalam menaplikasikannya. Menu aplikasinya terdiri dari menu “nearby” yang akan menampilkan masjid sekitar pengguna serta menampikan jarak tempuhnya, menu “wisdom” menampilkan kata-kata bijak yang akan membuat hati sejuk ketika membacanya, menu “search” untuk mencari masjid dengan kata kunci yang diinginkan, dan menu “more” yang terdiri dari penyetelan aplikasi dan informasi tentang pembuat aplikasi ini.



Untuk menggunakan aplikasi ini cukup mudah, pengguna hanya tinggal membuka aplikasi Masjid Dimana kemudian akan muncul daftar masjid sekitar yang datanya bersumber dari Google. Pengguna lalu memilih salah satu masjid untuk ditampilkan info seputar masjidnya sepeti lokasi di peta, alamat, telepon, arah menuju masjid dan situs web apabila tersedia. Jika pengguna tidak mengetahui alamat dari informasi masjid yang ditampilkan, pengguna dapat mencoba fitur “get direction” yang akan memandu mereka ke lokas masjid menggunakan Nokia Maps.

kelebihan dan kekurangan aplikasi tersebut:

Kelebihan :
    -Aplikasinya bermanfaat untuk mencari masjid terdekat
    -Menggunakan Google API sehingga mendukung hampir banyak negara
    -Aplikasi sangat mudah digunakan oleh penggunanya

Kekurangan :
    - Harus menggunakan akses Internet ketika pencarian data sehingga tidak   
      dapat menggunakan aplikasi ini secara offline
    - Masjid yang muncul biasanya masjid besar atau masjid sedang yang telah
       terdaftar diGoogle
    - Tidak ada fitur yang mengizinkan penggunanya untuk menambahkan data
       masjid terdekat di sekitar
    - Tampilan masih kurang menarik
    - Hanya untuk ponsel berbasis windows phone, untuk pengguna android bisa
       memakai fitur islami android di aplikasi ramadhan.

Aplikasi “Masjid Dimana” ini cukup baik karena dapat menemukan informasi masjid yang sedang berada di sekitar penggunanya baik itu di luar kota ataupun luar negeri. Tentu saja ini akan sangat membantu penggunanya yang beragama Islam untuk menjalankan ibadah shalat ketika waktu telah tiba.

Bagi pembaca yang ingin mencoba menggunakan aplikasi ini dapat mengunduhnya di Windows Phone Store. Selamat bergadget ria tanpa melupakan ibadah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar