Selasa, 23 April 2013

Kalahkan Android dan iPhone, BlackBerry Masih Raja di Telkomsel



Ternyata Blackberry masih sangat populer ditanah air. Setidaknya ini terbukti dari smartphone user yang menjadi pelanggan operator terbesar di Indonesia Telkomsel. Blackberry masih sangat mendominasi jauh dibawah pesaing langsung nya yakni Android dan iPhone.  Sebuah fenomena yang tentu saja tidak mengherankan untuk ukuran Indonesia yang memang sangat menggemari BB.

Data menunjukan bahwa pada triwulan pertama 2013 ini, dari total 125 juta pelanggan Telkomsel yang tercatat murni menggunakan smartphone sejatinya hanya 18 juta dengan tambahan 500 ribu pengguna tablet, 700 ribu modem dongle.

Dari jumlah itu BlackBerry menduduki peringkat pertama dengan angka 7,4 juta pelanggan. Sementara yang bertengger di posisi kedua justru bukan Android maupun iOS, melainkan smartphone Symbian dengan jumlah pengguna 7 juta.

"Pengguna ponsel Communicator yang menggunakan OS Symbian juga kami anggap sebagai smartphone user di jaringan kami," kata Head of Device Bundling and Customization Strategy Division Telkomsel, Arief Pradetya kepada detikINET di sela peresmian Windows Corner Grapari di Gandaria City, Jakarta.

Pengguna ponsel dengan OS Android sendiri hanya tercatat 2,3 juta di jaringan Telkomsel. Sedangkan pengguna smartphone dengan iOS seperti iPhone hanya 450 ribu dan Windows Phone baru 100 ribu saja.

Arief mengatakan, di jaringan Telkomsel juga masih ada 50 juta pelanggan yang masih menggunakan basic phone yang belum terkoneksi internet. Sisanya sekitar 57 jutaan adalah pengguna feature phone yang sudah data meski hanya 2G.

"Nah, 50 juta pelanggan yang masih pakai basic phone ini yang menjadi target kami supaya mereka bisa upgrade beralih ke ponsel yang sudah punya data connection ready," ujarnya.

Arief juga merinci, rata-rata pengguna smartphone ini menghabiskan penggunaan data sekitar 500 MB. Kemudian untuk tablet sekitar700-800 MB, dan modem dongle di kisaran 2 GB. Sementara, penggunaan data dari feature phone masih di bawah 50 MB per bulan.

Arief juga mengatakan, Windows Phone sebagai platform OS baru belum banyak diadopsi pelanggan Telkomsel. Alasannya bisa jadi karena ketersediaan aplikasi yang masih sedikit dan ketersediaan perangkat yang masih mahal jadi alasan rendahnya penggunaan perangkat berbasis Windows ini.

Dengan semakin lengkapnya portofolio smartphone yang bekerja sama dengan Telkomsel, anak usaha Telkom ini optimistis pendapatannya dari sektor data bisa semakin terkerek naik minimal 10% seiring target pelanggan data juga ditargetkan naik dari 54 juta di awal tahun menjadi 75 juta di akhir 2013 nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar