Kamis, 11 April 2013

Ponsel Android Anda Hilang? Temukan dengan Find My phone



Sesuai namanya Find My Phone  adalah aplikasi untuk menemukan smartphone anda. Bisa anda unduh di Google Play. Cara kerjanya ialah menggunakan triangulation yang menggunakan jarak smartphone dengan 3 BTS terdekat untuk menentukan posisi smartphone, digabungkan dengan data GPS.

Dengan informasi posisi yang diberikan, anda dapat melakukan navigasi ke lokasi smartphone yang anda pantau, selama aplikasi tersebut berjalan dengan catatan aplikasi ini harus diinstal di kedua smartphone baik yang ingin dipantau dan memantau.

Sebagaimana Aplikasi Blackberry Protect untuk melacak jika Blackberry anda hilang maka aplikasi ini kebanyakan digunakan untuk memonitor keberadaan anggota keluarga baik suami, istri, anak, orang tua dll. Bisa juga untuk mendapatkan lokasi teman anda yang sedang bepergian di alam bebas, atau panduan antar teman ketika sedang bepergian jauh. Namun hal tersebut baru bisa dilakukan di Negara maju seperti USA. karen saat ini provider di Indonesia masih belum memberikan akses pada data triangulation dan fitur ini hanya dapat diaktifkan pada provider Amerika Serikat: Verizon, T-Mobile, Sprint dan AT&T.


Oleh karenanya, di Indonesia data yang diandalkan adalah data dari posisi GPS dan bukan triangulation. Untuk itu supaya aplikasi ini bisa optimal ada beberapa hal yang perlu anda lakukan :

1. Pastikan bahwa telepon backup yang kamu gunakan untuk remote smartphone anda selalu dalam jangkauan dan nomornya selalu aktif sewaktu-waktu jika anda perlu menggunakan untuk keperluan remote smartphone anda yang hilang. Baik untuk menemukan posisi, membunyikan ringtone atau memformat smartphone yang hilang.

2. Harap pastikan anda mengaktifkan fitur pelacak dan deteksi otomatis jika kartu SIM diganti dimana smartphone akan secara otomatis mengirimkan pesan berisi lokasi GPS secara berkala.

3. Pastikan aplikasi sekuriti anda terlindungi (tidak mudah di uninstal) dan pastikan bahwa anda mengaktifkan pengunci layar smartphone aktif secara otomatis jika smartphone tidak digunakan dalam waktu tertentu. Pastikan password akses/pattern smartphone anda cukup sulit untuk ditebak.

4. Jika anda memiliki data penting di SD Card, kami sarankan pilih aplikasi yang memiliki kemampuan memformat data SD Card secara remote seperti “Wheres My Droid Pro”.

Semoga dengan tips diatas setidak-tidaknya anda masih punya harapan menemukan kembali ponsel Android anda jika hilang baik karen tidak sengaja maupun karena tindak kejahatan seperti pencurian misalnya.

anda juga bisa melihat videonya dibawah ini :



via.detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar