Selasa, 02 April 2013

Samsung Galaxy Note 8.0 Akan dirilis Bulan April Ini


Apple awalnya kekeuh berkutat di tablet 10 inchi, namun akhirnya tekat itu luntur juga. Akhirnya Apple mulai ikut-ikutan vendor Android dengan membuat tablet kecil iPad Mini, dengan layar 7.9 inci. Nah hal ini membuat Samsung sebagai pesaing terbesarnya serta sebagai salah satu pelopor tablet ukuran 7 inci, tentu saja tidak mau tinggal diam.

Merek menambah jajaran tablet kecilnya dengan merilis Galaxy Note 8.0. Seperti namanya, tablet ini dibekali layar 8 inci dengan resolusi 1280x800 piksel (kerapatan 189 ppi) dengan OS Android 4.1 Jelly Bean, RAM sebesar 2GB dan memori internal 16/32GB dengan slot kartu microSD, didukung processor Exynos 4 Quad ARM Cortex-A9 berkecepatan 1.6 GHz dengan GPU Mali400. Serta tidak ketinggalan seperti Note seri sebelumnya, yakni stylus S-Pen dan kemampuan untuk menggambar atau menulis seperti layaknya di kertas. Gossipnya, tablet ini akan diluncurkan pertengahan April ini dengan harga sekitar Rp. 5,5 juta untuk versi 3G.

Nah sambil menunggu kehadiranya tidak ada salahnya jika menyimak preview Galaxy Note 8.0 berikut.
.
Desain dan Bodi
Berbeda dari kakaknya, Galaxy Note 10.1 yang cenderung lebih tegas dengan bodi kotak maka Note 8.0 mengambil desain melengkung-lengkung ala Samsung Galaxy SIII. Bisa jadi, pada dasarnya tablet 8 inci ini merupakan sebuah Samsung Galaxy SIII versi besar. Tapi bedanya, frame samping ketika tablet dalam posisi portrait tetap tebal. Bezel yang mengelilingi tablet ini cukup membuat kesan premium dan ekslusif muncul, namun ketika menyentuhnya, terasa bahwa secara keseluruhan tablet ini terbuat dari plastik.

 Secara keseluruhan tablet ini ergonominya cukup bagus, genggaman tangan benar-benar pas, dengan bodi melengkung tablet. Mengenai berat dengan berat 338 gram tablet ini terasa sangat ringan, apalagi Note 8.0 terasa sangat tipis dengan ketebalan hanya 8mm. Oh ya, tablet ini bagian cover belakangnya tidak bisa dibuka, jadi penggantian batere harus membongkar tablet.

Bagian depan tablet ini ada layar, diatasnya ada kamera depan serta sensor cahaya dan proksimitas. Terdapat juga earpiece, menandakan tablet ini bisa digunakan untuk teleponan.

Layar
Meskipun resolusi Note 8.0 lebih unggul dibanding iPad Mini (1280x800 vs 1024x768), kualitas layar Note 8.0 masih di bawah pesaingnya itu. Bukan berarti layar Note 8.0 buruk, hanya saja terlihat standar saja.

Antar Muka

Note 8.0 menggunakan Android 4.1.2 Jelly Bean, sehingga performa terbantu dengan adanya Project Butter. Secara keseluruhan memang performa tablet ini bagus, meski tentunya tergantung penggunaan Anda, namun prosesor quadcore dan RAM 2GB yang diusungnya sudah sangat mumpuni untuk kebutuhan harian Anda.

Kamera dan Perekam Video

Samsung menyematkan kamera beresolusi 5MP dan kamera depan 1,3MP untuk tablet 8 inci ini. Meskipun merupakan tablet, fitur-fitur pada kamera utama sangat banyak diantaranya: Mode pemotretan (Single, panorama, share shot, buddy photo share, smile shot dan cartoon), timer, efek, tingkat kecerahan, Scene (portrait, sport, indoor dan sebagainya), resolusi, white balance, ISO, metering dan voice control. Yang terakhir memungkinkan Anda memotret dengan menggunakan perintah suara seperti Smile, Cheese, Capture dan Shoot.

S Pen
Note 8.0 dibekali dengan Stylus S Pen. Meskipun ukurannya tetap lebih kecil dibandingkan kebanyakan pulpen, namun tentunya lebih nyaman digunakan daripada S Pen pada Note 2 misalnya.

 Kesimpulan

Galaxy Note 8.0 melanjutkan generasi Note yakni mengutamakan produktivitas dibanding tablet-tablet sejenis. Kinerjanya pun untuk ukuran tablet Android sudah termasuk kelas premium. Digunakan untuk kerja dan fun ok. Jadi untuk Anda yang ingin mencari tablet berukuran menengah dengan kemampuan komplit, tablet inilah jawabannya. Sabar ya tunggu kehadiranya di Indonesia. Oh ya tablet ini nantinya akan dibanderol sekitar  Rp. 5,5 juta.
.
Kelebihan:

    S-Pen dan S-Note
    Multiscreen Mode dan Pop Up Video
    Codec video yang cukup lengkap
    Performa bagus
    Loudspeaker stereo yang bertenaga dan berkualitas
    slot micro SD
    Port Micro USB

.
Kekurangan:

    Bodi plastik
    Kualitas layar biasa saja
    Perekaman video hanya 720p


Kamu bisa liat videonya dibawah ini :



via.teknoup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar