Kamis, 18 April 2013

[Tips] Cara Membuka Lock Pattern di Smartphone Android

Cara Membuka Lock Pattern di Smartphone Android

Banyak pertanyaan yang muncul buat gadget mania soal keamanan perangkatnya. Misalnya apakah mungkin ponsel/ smartphone yang sudah diberikan password kemudian hilang digunakan kembali jika ada orang yang menemukan gadget tersebut? kalaupun bisa bagaimana caranya?

Pada dasarnya siapapun bisa menggunakan ponsel/smartphone asal dia punya akses langsung ke perangkat tersebut. Hard reset/ factory reset adalah cara yang paling umum dilakukan. Cara ini akan menghapus semua data smartphone seperti kontak, apps dan semua data yang tersimpan di internal memori, kecuali data pada external memory / SD Card.

Tips berikut tidak dimaksudkan untuk memudahkan pencuri mengakses produk hasil curiannya tetapi sekedar informasi agar anda yang mempunyai smartphone Android yang terkena lock baik karena lupa unlock pattern-nya atau karena dimainkan oleh orang lain secara tidak sengaja sehingga terkunci.

Jika perangkat Android Anda terkunci setelah 5 kali usaha memasukkan pattern yang gagal dan tidak ingin melakukan Factory Reset, maka satu-satunya cara adalah dengan menggunakan akun dan password Gmail yang Anda gunakan untuk mendaftarkan smartphone tersebut dengan mengklik tombol [Forgot Pattern?].

Oleh karena itu jangan sepelekan untuk menyimpan baik-baik akun GMail tersebut dan disarankan jangan simpan di Android saja tetapi juga di komputer, notebook atau di BlackBerry sehingga punya cadangan data yang cukup.

Kalau toh usaha tersebut gagal juga maka masih ada 1 cara lagi yakni dengan mematikan smartphone Anda, login ke akun Gmail dan lakukan perubahan password menggunakan Google Password Recovery. Setelah password berhasil di-recover, hidupkan smartphone dan coba gunakan password baru untuk meng-unlock telepon anda.

Namun jika ternyata anda juga kehilangan akun gmail tersebut maka satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah melakukan factory reset. Pada umumnya factory reset dilakukan dengan menekan tombol [Volume] (pada HTC Volume Down, Pada Samsung terkadang volume Down / Up) dan tahan, lalu tekan tombol [Power].

Dibawah ini adalah contoh factory reset untuk HTC Desire S

berikut caranya :

1. Matikan smartphone anda, kalau hang, cabut baterai dan masukkan lagi.

2. Pencet tombol [Volume Down] dan tahan.

3. Pencet tombol [Power] dan tahan sampai smartphone anda menyala.

4. Anda akan mendapatkan menu yang memungkinkan kamu untuk melakukan Fastbook, Recovery, Clear Storage dan Simlock. (tombol [Volume Down] dan [Power] yang ditekan pada poin 2 dan 3 di atas sudah boleh dilepas dong sekarang soalnya nanti tombol [Volume Down]nya mau di tekan)

5. Pilih “Clear Storage” dengan menekan tombol [Volume Down].

6. Tekan dan tahan tombol [Power].

7. Konfirmasi tindakan Anda [Volume Up] untuk YA atau [Volume Down] untuk TIDAK. Sekali ingat, jika anda pilih YA artinya semua data kontak dan apps otomatis akan terhapus dari smartphone Anda.

8. Jika sudah selesai maka smartphone Anda akan kembali seperti baru dikirimkan dari pabrik seperti belum pernah diotak-atik.

Semoga tips ini bermanfaat buat gaptekers pengguna smartphone Android dan jangan menyalahgunakan informasi ini untuk hal-hal yang tidak baik. Jangan lupa kalau ponsel android anda hilang cari info kesitu yah.

2 komentar:

  1. bagai mana cara membuka lock patern di hp SPC S5 tanpa harus menggunakan komputer

    BalasHapus
  2. Bagaimana ya cara nak buka pattern lock lenovo a820..dh try on off byk kalih tekan serentak dgn volume bwh tapi x dpt juga....

    BalasHapus