Minggu, 17 Maret 2013

Lenovo A800:Smartphone Android Murah Tapi Tidak Murahan

lenovo a800 review


Lenovo kembali mencoba peruntungan di segment smartphone Android dengan melepas satu lagi smartphone baru ke pasaran. Ya, Lenovo A800 adalah jawabanya. Dengan bandrol harga 1,6 juta-an menjadikanya menjadi salah satu pilihan smartphone Android dual-core paling murah dikelasnya. Dengan menggunakan layar 4.5-inci berjenis IPS, seperti biasa, Lenovo juga memberikan kemampuan dual SIM GSM on di ponsel ini. Tampilan luarpun cukup menawan,  berikut lebih jauh tentang Lenovo A800 :

Spesifikasi utama :

    Dualband GSM 900 / 1800 (SIM 1 & SIM 2)
    Dualband HSDPA 900 / 2100 (SIM 1)
    Dual SIM GSM On
    Layar sentuh kapasitif IPS 16 juta warna 4.5-inci FWVGA (480x854 piksel) (~218 ppi)
    Memori internal 4GB (357MB Aplikasi, 1,54GB Multimedia), RAM 512MB
    Kamera 5 MP (2596x1948 piksel) autofokus
    Android ICS 4.0.4
    Prosesor dual-core 1.2 GHz Cortex-A9 MTK 6577T
    PowerVR SGX531
    Baterai Lithium-Ion 2000 mAh

Paket Penjualan :

    Handset Lenovo A800
    Baterai
    Kepala charger
    Kabel data
    Headset
    Manual
    Kartu garansi

Desain dan Bodi


Tampilan Lenovo A800 terlihat rapih dan simpel, berbentuk batangan dengan sudut-sudut melengkung sehingga nyaman digenggam meskipun berbodi cukup besar. Ponsel ini memiliki dimensi 133.5 x 68.9 x 11.5 mm dengan bobot 155 gram. Keseluruhan bodi terbuat dari plastik doff, sehingga tidak ditemukan elemen mengkilap disini. Sisi baiknya anda tidak perlu khawatir ponsel mudah tergores dan terlihat kotor dengan bercak jari. Bagian back cover belakang memiliki pola tekstur sehingga memberi aksen gaya ke A800.

Bagian depan terisi dengan sensor cahaya, proximity, earpiece, layar 4.5-inci, mic, dan tiga buah tombol fungsi Android berjenis kapasitif (menu, home, back). Bagian belakang terisi dengan kamera dan speaker berbentuk garis dibagian bawah. Slot kartu SIM dan kartu memori berada di dalam back cover dimana untuk slot kartu SIM memiliki desain bertumpuk.

Sisi kiri ponsel terlihat polos, sedangkan untuk sisi kanan terdapat tombol volume. Bagian atas terisi dengan tombol volume yang tidak menonjol, port headset 3.5mm, dan port microUSB. Sedangkan bagian bawah juga terlihat polos.

Layar, Lenovo A800 menggunakan jenis IPS berukuran 4.5-inci dengan resolusi FWVGA (480x854 piksel) dengan kerapatan ~218 ppi. Kualitas layar ini tergolong baik, tampilan terlihat cerah dan berwarna, sudut penglihatan juga cukup baik jika dilihat dari kemiringan ekstrem. Namun memang ketika dibawah sinar matahari, layar kurang mampu memberikan tampilan yang jelas ke pengguna meskipun tingkat keterangan sudah di set ke maksimal.

Antamuka


Seperti biasa Lenovo menggunakan antarmuka IdeaDesktop untuk perangkat mobile keluarannya. Salah satu ciri khas dari antarmuka ini adalah kemampuan untuk melakukan banyak personalisasi seperti anda menggunakan aplikasi launcher. Lockscreen masih bergaya Android ICS dengan slider lingkaran dimana arahkan ke kanan untuk membuka layar sedangkan ke kiri untuk langsung masuk ke menu kamera. Tersedia maksimal 9 buah halaman homescreen yang dapat dipersonalisasi bebas sesuai keinginan.

 Kesimpulan
Lenovo A800 menawarkan banyak kelebihan untuk ponsel sekelasnya, dari segi kualitas dan performa keseluruhan juga dapat diandalkan. Antarmuka yang dioprek jelas memiliki nilai tambah tersendiri dibandingkan vendor yang hanya memberikan Android stok. Terlihat Lenovo memang bukan sekedar memberikan harga murah untuk ponsel dengan spesifikasi cukup tinggi, tapi juga memperhatikan segi pengalaman penggunanya.

Berbicara kekurangan mungkin satu hal yang cukup mengganggu adalah ketersediaan RAM yang dirasa kurang, hanya 512MB saja. Terkadang ponsel memberikan respon lambat atas aksi yang kita lakukan.

Kami bisa simpulkan bahwa Lenovo A800 merupakan salah satu pilihan terbaik untuk ponsel Android dual-core dibawah dua jutaan, tentunya selain Smartfren Andromax U yang memiliki kelebihan di kamera bermegapiksel lebih tinggi dan layar yang lebih jernih. Dengan harga dan fitur mirip ponsel Cina, Lenovo menawarkan layanan purna jual yang lebih baik dan terpercaya.

Kelebihan

    Dual-core terjangkau
    Daya tahan baterai mumpuni
    Personalisasi antarmuka lengkap

Kekurangan

    RAM dan memori internal (untuk aplikasi) kurang besar

Demikian informasi singkat tentang lenovo A 800, kalau masih kurang bisa melihat video dibawah ini.


via: teknoup.com

2 komentar:

  1. mending smartfren andromax-u

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung masing2 pribadi dg gadget kesukaanya bro he he

      Hapus